Jumat, 12 Oktober 2012

Diposting oleh Unknown | 0 komentar

Penggunaan Database Add-on untuk Aplikasi di AppHarbor



Database menjadi salah satu aspek yang penting ketika membangun sebuah aplikasi. Kita biasanya menyimpan data-data dari aplikasi ke dalam database. Aplikasi-aplikasi database yang umumnya digunakan adalah SQL ServerOracle databaseMySQLPostgreSQL, dll. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan sebelumnya merupakan aplikasi yang tergolong ke dalam Relational Database Management System (RDBMS), banyak dipakai untuk aplikasi website maupun enterprise. Namun, seiring dengan pesatnya dunia website yang membutuhkan skalabilitas dan performa, maka munculah teknologi NoSQL yang digunakan oleh aplikasi website seperti Facebook, Twitter, Foursquare, dll.
AppHarbor pun mendukung penggunaan database baik RDBMS maupun NoSQL. Kita bisa menggunakan database dengan add-on yang disediakan oleh AppHarbor. Selanjutnya saya akan memberikan tutorial mengenai penggunaan database add-on pada aplikasi di AppHarbor.

Asumsi dan Persiapan

  • Saat ini kita sudah memiliki aplikasi website sederhana yang menggunakan MySQL sebagai database-nya. Ternyata eh ternyata, si AppHarbor sudah menyediakan contoh aplikasi ASP.NET MVC menggunakan MySQL
  • Kita buat terlebih dahulu aplikasi di AppHarbor, saya sudah membuat aplikasi AppHarbor dengan nama dbsample. Kalau kamu belum tahu caranya membuat aplikasi di AppHarbor, silakan baca tautan ini.
  • Source code repository yang digunakan adalah GitHub. Kita lakukan fork aplikasi MySQL-MVC-app yang dibuat AppHarbor

Konfigurasi add-on

Kita akan melakukan konfigurasi add-on, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.  Pada menu sebelah kiri dari aplikasi klik “Add-ons”




2. Kita akan di-redirect ke halaman yang berisi semua add-on yang bisa kita pakai. Terdapat pilihan database yang bisa kita gunakan, antara lain: SQL Server, MySQL, MongoDB, CouchDB, RavenDB, dll. Layanan MySQL sendiri (saat tulisan ini dibuat) disediakan oleh 2 provider yaitu AppHarbor dan Xeround Cloud Database. Sebagai bahan percobaan kita gunakan layanan add-on dari pihak ketiga yaitu Xeround. Cari Xeround Cloud Database lalu klik add-on tersebut.



3.  Pada halaman detail Xeroud Cloud Database add-on, pilih yang FREE tentunya , lalu klik “INSTALL”.


Cukup mudah bukan untuk menggunakan add-on di AppHarbor.
Note: Untuk melihat informasi login, URL dari Xeround, bisa klik “Configuration variables” di menu sebelah kiri pada aplikasi yang aktif.

0 komentar: